Senin, 30 September 2013

Sistem Komputer

Sistem yaitu kumpulan elemen yang saling berhubungan,membentuk satu kesatuan melaksanakan suatu tujuan pokok sistem.
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Tujuan pokok sistem komputer yaitu menerima dan mengolah data untuk menghasilkan suatu informasi.
Kumpulan-kumpulan elemen tersebut yaitu hardware,software,dan brainware ketiganya tidak dapat di pisahkan karena ketiganya saling berhubungan,tidak ada satu maka tidak bisa di jalankan.
Hardware : yaitu peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware digunakan sebagai media untuk menjalankan software.
  1. Mempunyai input device
  2. Processing device
  3. Output device
  4. Storage
  5. Unit tambahan
Software : Yaitu rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dikehendaki.
  1. Mempunyai operaning system
  2. Aplication software
  3. Progaming language
Brainware : Yaitu orang yang menggunakan komputer. Orang tersebut harus mempunyai kemampuan minimal dapat memasukkan data dan mengeluarkan informasi.
Syarat menjadi eleman brainware
  1. Sehat akal
  2. Dalam keadaan sadar
  3. Mampu mengoperasikan eleman lainnya

Penggolongan komputer:
  • Berdasarkan data yang di olah
  • Berdasarkan penggunaan
  • Berdasarkan ukuran
  • Berdasarkan generasi
Berdasarkan data yang di olah,di bagi menjadi 3 bagian antara lain :
a. Komputer analog (Analog computer)
Komputer analog digunakan untuk memproses data secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contohnya besaran arus listrik. Keuntungan dari komputer analog adalah dapat langsung memproses data dalam besaran fisik tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu. Dan kerugiannya adalah komputer jenis ini kecepatannya sangat lambat

b. Komputer Digital (Digital Computer)
Komputer digital digunakan untuk memproses diskrit data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik. Keluaran dari komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka,huruf dan grafik atau gambar. Komputer jenis ini sangat cocok untuk aplikasi bisnis. karena dapat menyimpan data, proses data lebih cepat, dan dapat melakukan perhitungan dengan logika.

c. Komputer Hybrid (Hybrid Computer)
Komputer hybrid adalah kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis ini dapat melakukan pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Komputer hybrid lebih cepat lagi di bandingkan komputer jenis digital.

Berdasarkan penggunaan
a. Special Purpose Computer
Komputer jenis ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah saja, sehingga hanya program tertentu saja yang dimasukkan dalam komputer ini, misalnya komputer perbankan dan komputer yang digunakan pada kilang minyak.

b. General Purpose Computer
Komputer jenis ini dapat menyelesaikan bermacam-macam masalah. Komputer yang termasuk dalam jenis ini adalah komputer digital dan analog, namun yang umum adalah komputer digital misalnya komputer untuk pendidikan dan komputer untuk bisnisBerdasarkan ukurannya:
  1. Mikro komputer
  2. Mini komputer
  3. Small komputer
  4. Medium komputer
  5. Large komputer
  6. Super komputer

1 komentar:

  1. RASAKAN SENSASI BERMAIN POKER ONLINE LIVE UANG ASLI DENGAN MINIMAL DEPOSIT HANYA RP 15.000
    Hubungi kontak kami di :
    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu
    Atau langsung di Live chat kami di Indokartu.biz

    KEJAYAAN BERMAIN JUDI POKER

    BalasHapus